Tips Nyaman dan Murah Menghadapi Mudik Hari Raya Bersama Keluarga

Mudik menjadi budaya yang sudah lama dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Dalam aktivitas ini, mereka yang bekerja di kota besar, berbondong-bondong pulang ke kampung halaman. Mereka yang mudik pun beragam, mulai dari yang masih jomlo hingga yang keluarga besar.

mudik bersama keluarga

Nah, bagi bunda yang berencana untuk mudik ke kampung suami atau kampung halaman, ada 5 tips yang bisa dijalankan agar aktivitas itu terasa nyaman, yakni:

1. Cari tiket promo
Biar murah, berburu tiket promo merupakan hal yang penting untuk bisa menghemat pengeluaran. Tiket promo ini biasanya ditawarkan oleh perusahaan besar yang menyediakan layanan pemesanan tiket.

Bunda bisa memilih beragam tiket transportasi sesuai dengan keinginan. Kalau mau, bisa naik pesawat, bus, ataupun kereta api. Semua moda transportasi tersebut saat ini sudah tersedia dengan fasilitas nyaman kepada para penumpang.

2. Pilih waktu tepat membeli tiket
Memilih waktu yang sesuai untuk membeli tiket merupakan upaya tepat untuk memperoleh tiket murah. Biasanya, pembelian tiket transportasi untuk mudik bisa dilakukan 90 hari menjelang keberangkatan.

Cara pembelian tiket yang dapat bunda lakukan bisa secara ringkas. Alih-alih datang langsung ke loket pembelian, bunda bisa memanfaatkan layanan penjualan tiket di internet. Apalagi, tak jarang harganya juga bisa lebih murah.

3. Beli tiket di tempat yang tepercaya
Selanjutnya, pastikan bunda untuk membeli tiket di lokasi penjualan yang dapat dipercaya. Jangan sesekali percaya dengan tiket yang dijual dengan harga murah. Selidiki dulu pihak yang menawaran tiket murah itu. Apakah bisa dipercaya atau tidak?

4. Nikmati waktu bersama keluarga di kampung halaman
Ketika sudah berada di kampung halaman, usahakan untuk bersosialisasi sepuasnya dengan anggota keluarga. Secara khusus tentu saja adalah si kecil. Bagi anak, momen mudik merupakan kesempatan mereka untuk bisa bermain lebih dekat dengan kakek dan nenek serta saudara yang jarang mereka jumpai.

5. Cicipi makanan tradisional sepuasnya
Terakhir, bunda bisa menyempatkan waktu untuk mencicipi makanan yang sudah lama tidak bunda rasakan. Apalagi, cita rasa makanan di kampung halaman jauh berbeda dengan makanan yang ada di Kota Jakarta. Ditambah lagi, makanan di kampung juga menyimpan memori ketika bunda masih kecil. Itung-itung, nostalgia juga sih.