Tips Olahraga yang Cocok untuk Para Ibu Hamil

Pemilihan olahraga ibu hamil yang tepat adalah hal penting. Olahraga selain menjaga kesehatan ibu hamil, juga bermanfaat dalam memperlancar proses persalinan kelak.

Kebanyakan dokter merekomendasikan ibu hamil untuk rutin berolahraga. Namun, yang wajib diperhatikan adalah olahraga tidak boleh dilakukan dengan tujuan menurunkan berat badan.

olahraga untuk ibu hamil

Jenis Olahraga Ibu Hamil Yang Direkomendasikan

1. Jalan sehat

Olahraga murah dan aman salah satunya ialah jalan sehat. Jalan sehat adalah olahraga yang sehat dan tak memberatkan lutut, sehingga sangat cocok untuk dikerjakan setiap hari. Namun tetap tak boleh lupa untuk melakukan pemanasan.

2. Berenang

Berenang dipilih dokter sebagai olahraga yang paling aman. Sebab tubuh akan dibantu oleh air sehingga ibu hamil atak akan terbebani otot yang harua bekerja keras.

3. Yoga

Yoga adalah olahraga yang banyak menggunakan pernafasan dan kelenturan tubuh. Bagi ibu hamil sudah disediakan yoga bumil, sehingga sangat cocok dan tidak akan menuntut sendi ataupun otot bekerja ekstra.

4. Senam Kegel

Senam kegel dapat membantu mempeelancar proses persalinan. Alasannya sebab senam ini menguatkan otot disekitar organ reproduksi. Tak hanya itu, setelah prosesi persalinan anda tetap boleh senam kegel sebab dapat mempercepat pemulihan otot serviks, kontrol kandung kemih, serta menguatkan otot panggul.

5. Pelvic Tilt

Gerakan mengangkat dan menurunkan pinggul dapat menguatkan otot di perut sehingga membuat mengurangi punggung sakit saat hamil ataupun melahirkan.

Adapula olahraga yang dilarang, sebab olahraga ini melibatkan aksi melompat ataupun jatuh. Dan tentunya masih nimbulkan resiko cedera di perut. Diantaranya ski, ski air, menunggang kuda, bersepeda, dan masih banyak lainnya.

Tips Bagi Ibu Hamil Sebelum Berolahraga

1. Sering-seringlah menarik nafas dalam saat bergerak

2. Kenakan pakaian longgar yang nyaman

3. Pakailah sepatu yang ukurannya pas dan tidak licin

4. Rajinlah mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori agar kebutuhan eneegi tetap terpenuhi

5. Makan dahulu, minimal 1 jam sebelum berolahraga

6. Banyak minum air, sebelum, selama dan sesudah berolahraga. Agar tidak mudah lelah dan dehidrasi

7. Setelah melakukan senam lantai, beedirilah secara perlahan agar tidak pusing

Dengan olahraga dan persiapan yang tepat, janin dalam perut pun bakal merasakan dampaknya secara langsung. Tetap sehat, ya bunda…

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE