Tips Pintar Memilih Cemilan untuk Anak, Biar Mereka Cerdas

Anak-anak sangat menyukai cemilan atau kudapan ringan di sela-sela kegiatannya. Sebagai orang tua Anda wajib mengetahui gizi yang terkandung di dalam cemilan yang akan Anda berikan pada si kecil. Anda wajib menjadi ibu cerdas yang dapat memberikan yang terbaik untuk anak Anda.

Cemilan merupakan makanan yang baik dikonsumsi apabila Anda mengetahui segala kandungan yang terdapat pada cemilan tersebut. Anak-anak suka dengan cemilan dengan berbagai alasan, salah satunya ialah malas makan dan lebih kenyang dengan makan cemilan daripada nasi.

cemilan anak

Anda tak perlu khawatir dengan pilihan cemilan yang baik untuk anak Anda. Berikut tips memilih cemilan sehat untuk anak-anak:

1. Hindari makanan dengan pengawet. Dari dulu, makanan yang berpengawet jika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat memberikan efek buruk cepat atau lambat. Dan hal ini jika dikonsumsi si kecil dapat berakibat buruk untuk kesehatannya di masa mendatang.

2. Hindari makanan dengan MSG. MSG atau yang biasa kita sebut micin ini banyak sekali terkandung dalam makanan instan seperti mie. Sebaiknya Anda jangan mengenalkan anak dengan makanan dengan kandungan MSG atau makanan instan. Kandungan micin dalam makanan juga dapat berdampak pada kesehatan si kecil.

3. Buat kreasi cemilan untuk anak. Cara ini adalah yang paling efektif, membuat makanan sendiri juga dapat mengajarkan si kecil dengan berbagai bahan makanan dan cara pengolahan meskipuntidak dilakukan dengan benar, anak-anak akan merasa senang. Pengolahan makanan yang dikreasikan sesuai karakter kesukaan si kecil juga sangat efektif.

4. Pilih buah-buahan sebagai cemilan. Buah-buahan dapat menjadi pengganti cemilan yang sangat baik bagi anak-anak. Selain mudah ditelan, kandungan nutrisi yang terkandung juga sangat baik bagi tumbuh kembang si kecil.

5. Berikan contoh cemilan sehat pada si kecil. Sebagai orang tua, Anda juga wajib memberikan contoh pada si kecil cemilan sehat yang boleh dan baik untuk dikonsumsi. Hindari makan-makanan junkfood di depan si kecil. Kemungkinan anak-anak akan meniru apa yang Anda lakukan sehingga akan berdampak buruk bagi si kecil nantinya.

Cara memilih cemilan sehat lebih baik dimulai dari diri Anda sebagai orang tua. Jangan selalu memakan makanan instan ataupun junk food di hadapan si kecil. Dan selalu usahakan member si kecil kudapoan sehat seperti buah-buahan atau membuat cemilan sendiri yang mana Anda memahami nurisi yang terkandung di dalamnya.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE