Tips Seputar Apel

kandungan apel, manfaat apelKonon satu buah apel sehari dapat menjauhkan kita dari dokter. Ya! Mengonsumsi apel setiap hari dipercaya mampu menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit. Hal ini bukan tanpa alasan, apel yang di Prancis dikenal dengan nama ‘la pomme’ ini merupakan gudangnya antioksidan dan beragam zat gizi lainnya.

Terdapat sekitar 80% antioksidan berupa polifenol dalam buah apel terutama di bagian kulitnya. Oleh karenanya, akan sangat baik untuk mengonsumsi apel bersama kulitnya. Kulit apel juga mengandung serat yang cukup tinggi sehingga baik untuk pencernaan. Sebagian kandungan vitamin C apel juga terdapat pada kulitnya. Selain itu, kulit apel juga mengandung serat larut air yang bermanfaat untuk membersihkan arteri pada pembuluh darah.

Kandungan air apel mencapai 80-90%, apel juga mengandung vitamin A, B dan C, zinc, kalsium dan fosfor membuat apel menjadi asupan yang baik bagi tubuh.

Ada 7000 jenis apel di dunia, di Indonesia yang cukup dikenal adalah apel Malang yang berjenis Granny Smith atau apel hijau. Jenis apel ini pertama kali dibudidayakan di Australia. Jenis apel lain yang paling banyak dibudidayakan adalah Red Delicious, alias apel merah yang banyak kita jumpai saat ini.

Berikut ini Buahatiku merangkum beberapa tips seputar apel yang perlu Anda ketahui.

Memilih apel
Ketika anda hendak membeli apel, pilihlah apel yang tidak lembek. Apel yang lembek menandakan kondisinya sudah kurang segar. Jangan lupa perhatikan juga kulitnya, pilih apel yang mulus tanpa cacat atau lebam serta memiliki permukaan yang rata.

Menyimpan apel
Simpanlah apel ditempat dingin, seperti kulkas, ini karena apel cepat masak di tempat yang kering dan hangat. Bila apel yang disimpan masih dalam plastik, pastikan untuk memberikan jalan udara dengan melubangi plastik. Pisahkan apel lembek (bonyok) dan apel yang masih baik. Apel yang lembek dapat membuat apel-apel lain ikut rusak.

Mengolah apel
Lazimnya apel dikonsumsi langsung sebagai buah meja. Tapi banyak juga yang mengolahnya menjadi kudapan bahkan teman makan nasi. Bila diolah sebagai topping kudapan maka rendam terlebih dulu apel yang telah dikupas kedalam air dengan aedikit garam dan perasan air jeruk lemon. Hal ini agar apel tidak berubah warna menjadi kecoklatan. Sementara bila hendak dimasak maka pilihlah apel yang agak keras dan renyah, serta memiliki rasa cenderung asam atau asam manis. Apel yang lembek akan semakin lembek bila dipanaskan yang membuat rasanya tak lagi enak.

Sumber : Selera

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE