Tips Tetap Lancar Menyusui Bayi saat Berpuasa bagi Para Ibu

Menjadi seorang ibu merupakan tugas berat yang harus dijalani oleh bunda. Apalagi, tugas tersebut tidak boleh dilalaikan dan tetap harus menjalankan kewajiban lain, termasuk di antaranya adalah berpuasa. Namun, apakah bisa bunda tetap berpuasa ketika harus disibukkan dengan kegiatan menyusui bayi di bulan Ramadhan?

puasa bagi ibu menyusui

Bayi berhak untuk memperoleh ASI hingga usia mencapai 2 tahun. Oleh karena itu, tidak tepat kalau bunda memilih untuk memberikan susu formula ketika memasuki bulan Ramadhan. Padahal, dengan cara yang tepat, bunda tetap bisa berpuasa sekaligus memberi asupan ASI untuk si kecil.

Ada 5 tips yang bisa bunda ikuti untuk bisa menjalankan 2 kewajiban ini dengan lancar. Berikut ini adalah 5 tips tersebut:

1. Usahakan makan 3 kali sehari
Meski di bulan puasa, usahakan bunda untuk menjaga asupan sumber energi yang cukup. Caranya, dengan tetap membiasakan makan 3 kali sehari. Selain buka dan sahur, tidak ada salahnya untuk menyisipkan 1 kali lagi makan sehabis salat tarawih.

2. Istirahat cukup
Tips berikutnya adalah dengan menjaga waktu istirahat agar tubuh tetap fit selama puasa. Agar istirahat bisa bunda peroleh dengan nyaman, tak ada salahnya untuk meminta bantuan orang-orang terdekat, seperti suami, mertua, saudara, atau orang tua.

3. Pilih konsumsi buah kurma
Kurma bisa menjadi pilihan buah yang bisa membantu bunda dalam menjalani bulan puasa dengan baik. Apalagi, buka dengan buah kurma merupakan salah satu sunah yang diajarkan oleh Nabi Muhamamd SAW. Bunda bisa memilih untuk memakan kurma secara langsung atau mengolahnya seperti berupa air nabeez.

4. Sediakan suplemen
Tips berikutnya adalah dengan mengonsumsi suplemen yang secara khusus ditujukan untuk ibu menyusui. Suplemen tersebut dikonsumsi untuk membantu produksi ASI dalam tubuh bunda agar jumlahnya mencukupi. Bunda bisa meminum suplemen itu 3 kali sehari, ketika buka, saat akan tidur, serta di waktu sahur.

5. Perbanyak minum air putih
Hal yang tidak kalah penting bagi para bunda yang ingin tetap berpuasa selagi menyusui si kecil adalah dengan minum air putih yang cukup. Bunda harus memastikan untuk minum air putih 8 gelas sehari. Dengan begitu, tubuh tidak akan cepat lemas dan lelah.

Namun, bagi para ibu hamil dan menyusui, ada hal yang harus diperhatikan. Agama Islam memberi keringanan bagi ibu hamil dan menyusui untuk tidak berpuasa demi menjalankan kewajiban sebagai seorang ibu. Jadi, bunda bisa memilih, tetap berpuasa atau tidak.