Tumeric Golden Latte – Minuman Sehat Yang Sedang Hits Di Tahun 2017

turmeric-latteSaat ini, masyarakat semakin menggemari pola makan sehat. Tak hanya di Indonesia, tetapi menyebar hingga ke penjuru dunia. Salah satu hidangan yang kini sedang booming di tahun 2017 adalah Tumeric Latte atau lebih populer dengan nama Golden Latte. Minuman ini terbuat dari bahan dasar kunyit dengan campuran susu atau santan dan beberapa rempah-rempah. Menurut pakar nutrisi Brigitte Zeitlin dari New York, Golden Latte terdiri dari bahan jus kunyit segar, minyak kelapa, lada hitam, jahe, madu, serta susu nabati tanpa gula.

Cara membuatnya cukup mudah. Begini caranya:

  1. Masukkan santan atau sari kacang almond (almond milk) ke dalam panci, panaskan dengan api kecil.
  2. Tambahkan kunyit, jahe dan kayu manis, aduk hingga merata.
  3. Lalu tambahkan minyak kelapa, aduk lagi dan tunggu sampai mendidih.
  4. Untuk membuat busa, kita dapat menggunakan alat pengocok atau blender.
  5. Setelah berbusa, tambahkan madu dan taburi dengan bubuk kayu manis dan atau lada hitam.
  6. Turmeric latte siap dinikmati.

Minuman yang memiliki nama asli Tumeric latte ini juga menjadi ramuan favorit bagi mereka yang sedang menjalankan program diet karena paduan rempah-rempah pada minuman ini membantu memperbaiki metabolisme tubuh sehingga meningkatkan proses pembakaran lemak menjadi energi. Selain itu, kunyit ternyata juga mengandung kafein seperti kopi. Hal inilah yang membuat orang memilih mengganti kopi dengan minuman tersebut.

Khasiat Turmeric Golden Latte bagi Tubuh

Minuman kesehatan yang digandrungi Gwyneth Paltrow ini ternyata memiliki banyak sekali khasiat, lho. Bahan utamanya yaitu kunyit memiliki sifat anti-inflamasi untuk mengurangi kemerahan, iritasi kulit dan bintik hitam. Selain itu, berkat adanya zat anti bakteri di kunyit, minuman ini dapat mencegah munculnya jerawat dan mengurangi infeksi pada saluran pencernaan. Kandungan bahan exfoliant pada almond milk atau santan dapat membantu regenerasi sel kulit sehingga memperbaiki tekstur kulit, menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit keriput.

Manfaat senyawa curcumin dalam kunyit juga dapat membantu melindungi seseorang dari penyakit Alzheimer, meningkatkan fungsi memori secara keseluruhan dan membantu memperbaiki performa otak. Zat ini juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri sendi, nyeri otot dan arthritis. Turmeric latte cocok untuk meredakan stres karena curcumin dikenal sebagai zat anti depresi yang aman, tanpa efek samping.

Manfaat lain yang tidak kalah penting yaitu kunyit mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah sehingga baik dikonsumsi penderita diabetes melitus. Kunyit juga bermanfaat menurunkan kadar kolesterol atau lemak jahat di dalam tubuh dan meningkatkan kadar lemak baik. Yang tidak boleh dilupakan dari manfaat kunyit, rempah ini dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker, meningkatkan kadar antioksidan, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apakah Anda mau mencoba membuat dan meminum makanan super sehat ini? ^^

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE