Ungkapan Kasih Sayang Orang Tua Yang Seharusnya Dikatakan Setiap Hari

Sebagai orang tua, seharusnya Anda sadar bahwa ada kalimat yang dapat diucapkan sehari-hari akan membuat anak memiliki dampak baik di kehidupannya. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika orang tua mulai menyadari kalimat yang diucapkannya pada anak-anak setiap harinya mampu merubah kehidupannya.

sayang anak

Dari sebuah kalimat, anak-anak akan memperoleh “kekuatan” batin yang akan mendorongnya melakukan hal-hal baik yang telah diajarkan orang tuanya. Berikut kalimat yang dapat mewakili kasih sayang Anda kepada anak:

1. “Mama/ayah percaya padamu”

Kalimat “mama/ayah percaya padamu” memiliki dampak si kecil akan membuatnya merasa bangga dan kepercayaan diri yang tinggi. Namun, selain memberikan kepercayaan padanya, Anda juga harus mengajarkannya tanggung jawab atas segala perbuatan baik ataupun perbuatan buruk yang ia lakukan.

2. “kamu bisa. Jangan menyerah”

Ketika anak-anak menghadapi masalah dalam pergaulannya ataupun proses belajarnya Anda sebaiknya mengatakan “kamu bisa. Jangan menyerah!”. Kalimat ini diharaokan memberikan kekuatan pada anak agar ia dapat menyelesaikan permasalahannya dengan tanggung jawab.

3. “bagaimana harimu? Ceritalah ke mama/ayah”

Anak-anak banyak belajar dari kehidupan keseharian mereka. Tanyakan pada mereka seperti apa sekolahnya, seperti apa teman di sekolahnya, dan sebagainya. Setiap kali mereka bercerita, dengarkan. Jika cerita tersebut ia merasa bersedih, maka Anda dapat menghiburnya dan memberikan nasehat untuk memotivasinya.

4. “mama dan ayah selalu disampingmu”

Kadangkala, orang tua sering sibuk dengan pekerjaannya atau apapun itu, sehingga kadang melewatkan masalah yang tengah dihadapi anak mereka. Lebih baik orang tua wajib meluangkan waktu untuk berbicara lebih intens agar si anak merasa dipedulikan dan memiliki “teman” di rumah. Oleh sebab itu katakana “mama dan ayah selalu disampingmu” agar si anak merasa memiliki orang disayanginya selalu mendukungnya.

5. “mama/ayah bangga kepadamu”

Ketika anak meraih sebuah keberhasilan, entah di bidang pelajaran, olahraga, seni, bermain dan lain-lain. Katakan “mama/ayah bangga kepadamu” dengan kalimat tersebut diharapkan anak-anak memiliki rasa kepercayaan diri yang lebih tinggi dan semakin membuatnya terpacu untuk melakukan keberhasilan dalam bidang lainnya.

Dengan mengungkapkan rasa sayang tersebut, anak pun tahu kalau mereka adalah orang yang spesial di hadapan orang tuanya. Selanjutnya, mereka pun akan memberikan perlakuan yang sama kepada bunda.