Wajah Berminyak? Atasi Dengan Ramuan Alami Ini!

615x200-ehow-images-a02-21-24-treat-dry-skin-oatmeal-800x800Kulit wajah berminyak disebabkan karena berlebihnya sebum yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous. Sebum merupakan zat lilin yang berfungsi membantu melindungi kulit, namun sebum yang berlebihan ini malah membuat kulit wajah menjadi berminyak dan rentan terhadap jerawat. Bagi Anda yang memiliki tipe wajah berminyak, Anda harus rajin merawatnya, karena bagaimanapun kulit setiap orang memiliki ciri khas tersendiri.

Pada dasarnya, keadaan kulit tidak bisa diubah sepenuhnya dari akarnya, kita hanya bisa mengendalikanya khususnya untuk tipe kulit yang berminyak. Bagi orang yang memiliki jenis kulit seperti ini, Anda bisa mengendalikannya dengan teratur membersihkan waja, dan itupun ada syaratnya. Berikut tips cara merawat untuk kulit berminyak.

Pembersih Wajah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa membersihkan wajah bagi kulit berminyak adalah sesuatu hal yang wajib. Namun ada syaratnya, Anda harus menggunakan sabun muka yang ringan ang tidak mengandung wewangian. Aroma wangi dan bahan kimia dalam sabun biasanya dapat mengiritasi kulit dan merangsang produksi minyak berlebih. Selain harus ‘non fragrance’, bagi kulit berminyak membersihkan wajah secara berlebihan hanya akan memunculkan masalah baru yakni kulit menjadi kering. Basuhlah muka maksimal 8x sehari bagi kulit berminyak.

Pelembab wajah

Seseorang yang memiliki kulit berminyak biasanya tidak percaya pada pelembab kulit karena dapat menghasilkan lebih banyak minyak. Padahal, Anda perlu mengisi kelembaban kulit yang hilang setelah proses membersihkan wajah. Anda dapat mengontrol minyak di wajah dengan menyeimbangkan tingkat kelembaban menggunakan pelembab yang ringan.

Penyegar Wajah

Untuk menyegarkan wajah setelah proses mencuci muka adalah menggunakan toner. Untuk kulit berminyak, sebaiknya gunakan toner hanya pada bagian wajah yang berminyak saja seperti hidung, dagu dan dahi. Jika digunakan dengan benar, toner bisa mengatur produksi minyak berlebih.

Exfoliate atau pengelupasan

Proses pengelupasan dapat membantu mengangkat sel-sel kulit yang mati dan dapat menghilangkan minyak yang menyumbat pori-pori kulit. Pengelupasan tidak hanya bermanfaat untuk membuka pori-pori kulit tapi juga dapat menyingkirkan benjolan putih dan mengurangi minyak berlebih pada wajah.

Sunscreen (perlindungan dari sinar matahari)

Sunscreen bisa membantu Anda melindungi kulit dari surburns dan keriput. Ada banyak tabir surya yang bebas minyak, sebaiknya gunakan tabir surya dengan SPF minimal atau Sun Protection Factor 15.

Gunakan kosmetik bebas minyak

Masih banyak orang khususnya wanita yang memiliki kulit berminyak namun masih menggunakan produk kecantikan dengan bahan yang mengandung minyak. Anda sebaiknya menghindari produk semacam ini, pilihlah produk perawatan yang berbasis air atau kosmetik bebas minyak.

Membersihkan sisa kosmetik

Menjelang tidur, bersihkan sisa kosmetik yang masih menempel di wajah. Jika tidak, sisa kosmetik bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang menyebabkan pori-pori kulit tersumbat minyak, kotoran san sisa makeup. Kulit perlu beristirahat dan memperbaiki sel-selnya sendiri. Bersihkan wajah sebelum tidur dan oleskan pelembab ringan serta minumlah segelas air. Tangan kotor bisa mentransfer racun yang bisa menyebabkan kelebihan minyak pada wajah. Oleh karena itu, stop menyentuh wajah Anda!

Cara mengatasi kulit berminyak dengan ramuan alami

1. Cuka

Cuka merupakan ramuan alami untuk membantu pengelupasan kulit. Anda bisa menggunakan cuka apel atau cuka putih. Gunakan kapas yang bersih, oleskan cuka pada wajah dan biarkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air dingin. Khusus untuk kulit sensitive, Anda bisa mencampur cuka dengan sedikit air. Anda juga bisa membekukan cuka untuk efek pendinginan. Perawatan dengan cuka ini dapat membantu mengendalikan kulit berminyak dan berjerawat. Terapkan secara rutin sebelum tidur selama 2-3 minggu.

2. Lidah buaya

Lidah buaya sangat bagus untuk mengendalikan kulit wajah berminyak, gunakan gel lidah buaya pada wajah selama 3x sehari.

3. Kuning Telur

Kuning telur bisa membantu Anda mengendalikan minyak wajah berlebih. Gunakan cutton pad yang bersih lalu oleskan kunning telur hanya pada bagian yang berminyak, biarkan selama 15 menit dean bilas dengan air dingin.

4. Scrub Almond & Madu

Kombinasi sempurna antara almond dan madu dapat menjadi scrub yang fantastis. Haluskan almond sampai lembut lalu tambahkan madu, aduk hingga menjadi pasta. Gunakan kain bersih hangat, usapkan scrub pada wajah denan sedikit tekanan untuk menghindari iritasi kulit. Bilas dengan air dingin.

5. Lemon dan Madu

Lemon dan madu juga merupakan ramuan alami yang sempurna untuk dijadikan obat pengendali kadar minyak berlebih. Kandungan asam sitrat dalam lemon bermanfaat untuk mengontrol dan menetralisir sekresi minyak. Madu dapat membantu melembabkan kulit. Cukup gunakan 1 sdm juas lemon dan madu 1sdm. Oleskan pada wajah dan leher, biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin.

6. Tomat dan Alpukat

Tomat dan alpukat bisa digunakan untuk membuat scrub yang bagus untuk kulit wajah berminyak. Haluskan 1 buah alpukat dan 1 buah tomat, Oleskan ke seluruh wajah, biarkan selama 20-30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

7. Masker tanah liat

Masker tanah liat juga bisa membantu mengurangi minyak dan menarik keluar kotoran pada wajah. Gunakan tanah liat yang tidak tercemar polusi. Campur tanah liat dengan bedak cair, tambahkan 2 tetes lemon dan sedikit minyak cemara. Oleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air dingin.

8. Timun

Timun dikenal dengan sifat pendinginnya, selain itu juga ia kaya akan mineral dan vitamin. Blender timun dengan beberapa tetes madu, aduk hingga menjadi pasta dan oleskan pada wajah. Biarkan selama kurang lebih 20 menit dan bilas dengan air hangat.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE