Waspada! 7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Oleh Ibu Menyusui

August 8th, 2017

Seperti yang moms ketahui, anak adalah harta bagi seorang perempuan. Oleh sebab itu para moms berusaha menjaga dan memberikan yang terbaik untuk sang buah hati. Begitu pula bagi moms yang berada di tahap menyusui. Selain memberikan kenyamanan, moms juga dituntut menjaga pola makan agar sang bayi tetap sehat dari ASI.

makanan yang dilarang untuk ibu menyusui

Dari ASI sang buah hati mendapatkan asupan yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya. Tidak sembarangan makanan yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, sebab apapun yang moms konsumsi akan berdampak pada ASI dan sang buah hati. Berikut makanan yang “Tidak Boleh” dikonsumsi oleh ibu menyususi.

1. Ikan Laut Dengan Kandungan Merkuri Tinggi

Ibu menyusui umumnya membutuhkan protein pada makanan yang dikonsumsinya. Protein nabati juga termasuk salah satunya. Protein nabati bisa didapat pada jenis ikan laut. Namun, moms juga harus melihat kandungan merkuri pada tubuh ikan. Merkuri yang terdapat pada tubuh ikan dapat mengakibatkan keracunan dan resiko penyakit kanker di masa datang. Jenis ikan laut yang mengandung merkuri diantaranya ikan tuna sirip kuning, makarel dan tongkol. Tetapi, ada juga jenis ikan laut yang justru sangat bagus apabila dikonsumsi yakni ikan salmon.

2. Makanan Dan Minuman Mengandung Kafein

Apabila ibu menyusui mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung kafein dapat menyebabkan sang buah hati mengalami perut kembung hingga gangguan pencernaan. Kafein nyatanya tak hanya terdapat pada kopi, teh dan rokok namun makanan manis seperti coklatpun memiliki kandungan kafein didalamnya.

3. Jeruk

Nyatanya vitamin C dalam buah jeruk berlum bisa diterima oleh sang bayi sebab kandungan Vitamin C pada jeruk terlalu tinggi. Jika moms mengkonsumsi buah jeruk dapat berdampak bayi sering muntah setelah menyusui, ruam kulit hingga menangis terus menerus akibat perut yang terasa tidak nyaman. Vitamin C yang baik dikonsumsi oleh ibu menyusui ialah pepaya, mangga dan nanas.

4. Makanan Pedas

Semua jenis makanan ataupun rempah-rempah yang memiliki rasa pedas sebaiknya dihindari oleh moms yang sedang tahap menyusui. Rasa pedas yang dikonsumsi tak hanya akan menyerang sang ibu seperti perut terasa panas hingga diare begitupula bagi sang bayi akan berdampak batuk hingga diare.

5. Makanan Mentah

Berbagai makanan mentah yang sering dikonsumsi sebenarnya masih memiliki beberapa bakteri yang memang tidak akan mati jika tanpa proses pemasakan. Hal ini yang harus dihindari oleh ibu

menyusui. Makanan mentah dapat berakibat sang bayi keracunan. Makanan mentah yang harus dihindari seperti sushi dan lalapan sayuran mentah.

6. Makanan yang menimbulkan reaksi alergi

Pada beberapa kasus ada bayi yang dilahirkan memiliki alergi, hal ini terjadi oleh beberapa fakator seperti alergi turunan hingga akibat pola makan sang ibu ketika masa mengandung. Makanan yang dapat menjadi penyebab alergi ada kedelai, kerang, udang, jagung hingga kacang-kacangan. Makanan diatas dapat memebrikan efek buruk kepada sang bayi mulai dari ruam merah di kulit, muntah, sesak nafas, bayi berhenti bernafas sejenak hingga kasus gagal jantung.

7. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji memang memiliki rasa yang enak dan instan namun makanan ini harus moms hindari sebab memiliki kandungan kalori yang tinggi. Sang bayi belum bisa mencerna kandungan kalori sehingga dapat menimbulkan beragam reaksi pada sang bayi seperti diare hingga menangis terus menerus akibat perut yang terasa tidak nyaman.

Untuk makanan yang dapat menimbulkan reaksi alergi, pada beberapa bayi dapat memberikan efek cepat hingga lambat. Sehingga Anda sebagai moms harus waspada dan berpikir cermat atas makanan yang moms konsumsi yang nyatanya juga ikut dikonsumsi oleh sang buah hati.

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler

Mengenali 6 Jenis Kanker yang Kerap Muncul dalam Tubuh Anak

Kanker menjadi penyakit berbahaya yang menjadi mimpi buruk ...

Yuk, Kenali Gejala Berbagai Jenis Kanker Sejak Dini pada Anak

Februari merupakan hari Kanker Anak yang selalu diperingati ...

5 Tips Membangun Rasa Percaya Diri pada Anak

Anak-anak merupakan masa dimana Anda seorang ibu wajib ...
makanan untuk anak

7 Makanan Terbaik Untuk Tumbuh Kembang Anak

Mulai usia 18 bulan, anak-anak sudah bisa mengkonsumsi ...
anak bermain aktif

7 Pilihan Permainan yang Membuat Anak Bergerak Aktif

Usia balita adalah usia di mana anak cenderung penasaran ...
cara mengajari anak membaca

Cara Mengajari Anak Membaca Dengan Menyenangkan dan Efektif

Melihat anak dapat membaca merupakan salah satu hal yang ...
anak cerdas

7 Faktor Penting Penunjang Kecerdasan Balita Dan Anak-Anak

Kecerdasan anak dan balita dapat diasah, mulai dari ...