Waspada! Bahaya Jika Bayi Sering Dicium, Bisa Timbulkan Penyakit

Bayi memang sangat lucu dan menggemaskan sehingga mengundang banyak orang yang ingin menciumnya. Namun, tahukah Anda jika bayi yang sering dicium dapat dengan mudah tertular penyakit? Sudah banyak kasus dimana bayi mengalami berbagai penyakit terutama bagian kulit setelah dicium oleh orang lain.

bayi sering dicium

Oleh sebab itu, ada mitos yang dipercayai di jaman dulu bahwa sebelum menjenguk bayi wajib mencucui kaki, tangan dan wajah. Hal ini nyatanya didukung oleh medis dimana agar si bayi tidak mudah terserang penyakit yang dibawa orang lain. Terlebih orang yang melalui jalanan berdebu sehingga debu ataupun kuman yang terbawa tidak menulari si bayi.

Beberapa penyakit yang dapat menular pada bayi karena mencium antara lain:

1. Batuk, flu, pilek dan demam

Layaknya orang dewasa, ketika ada seorang teman atau keluarga yang mengalami gejala pilek, batuk, flu ataupun demam jika berada di dekatnya orang tersebut dapat ikut tertular. Begitu pula pada bayi, lebih baik jauhkan bayi dari orang yang mengalami penyakit diatas agar bayi tak tertular.

2. Cacar air

Cacar air adalah penyakit yang sangat menular. Jika bayi Anda dicium atau dekat dengan orang yang mengidap cacar air. Cacar air ini dapat menular dari sentuhan secara fisik melalui ciuman ataupun udara ketika orang tersebut batuk atau bersin.

3. Herpes

Virus herpes dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh bayi ketika ia dicium oleh orang yang terinfeksi herpes. Herpes sendiri merupakan penyakit menular yang berbahaya.

4. CMV

CMV atau Cytomegalovirus adalah sel virus yang menyerupai penyakit herpes. Virus ini dapat menular melalui air liur. Si penderita terkadang hanya menunjukan gejala seperti flu atau bahkan adapula yang tidak terlihat gejalanya. Penyakit ini cukup berbahaya, bahkan bias mengancam nyawa.

5. Radang otak atau selaput otak

Penyakit ini dapat ditularkan melalui ciuman kepada bayi. Gejala awal radang otak ditandai dengan demam tinggi, sakit kepala, mual dan muntah.

6. Pneumonia atau radang paru

Pneumonia merupakan penyakit akibat bakteri pneumococcal. Penyakit ini dapat menular melalui udara seperti batuk atau pilek dari orang yang memiliki pneumonia. Penyakit ini biasanya menyerang anak di bawah 5 tahun atau berada dalam kondisi lingkungan dengan paparan bakteri ini.

Cara terbaik untuk menghindari kontak fisik dengan orang yang menderita penyakit diatas ialah menolaknya secara halus, ketika bersin atau batuk lebih baik jauhkan dari bayi, dan yang paling penting adalah pastikan imunisasi bayi Anda lengkap agar bayi terhindar dari penyakit.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE