Waspada Dehidrasi! (Kenali Tanda-Tandanya Disini)

dehidrasi, efek dehidrasi, hidrasi, penyebab dehidrasi, penyebab kram, selalu lapar, sembelit, tanda-tanda dehidrasiTahukah Anda, manusia dapat bertahan hingga delapan minggu tanpa makanan asalkan ada air. Sementara bila berada dalam situasi buruk tanpa air maka dalam kebanyakan kasus manusia tidak dapat bertahan hidup lebih dari lima hari. Hal ini karena tubuh manusia terdiri dari lebih dari 60% air dan otak itu sendiri hampir 85% air.

Tentu saja tidak mungkin bahwa kita akan berada dalam situasi yang ekstrim seperti tanpa air sama sekali, tetapi banyak dari kita menderita berbagai bentuk dehidrasi setiap harinya.

Berikut adalah 10 tanda-tanda dehidrasi yang mungkin Anda alami:

1. Sering sakit kepala

Sebuah studi menemukan bahwa 1,36% dehidrasi berpotensi menyebabkan sakit kepala. Mungkin sudah saatnya Anda memilih untuk segelas air bukan secangkir kopi.

2. Selalu lapar

Tubuh kita kadang-kadang bingung, menginginkan makanan tertentu tetapi dalam kenyataannya, tubuh kita sebenarnya membutuhkan asupan air. Jika Anda selalu berkeinginan untuk mengunyah makanan mungkin Anda sebenarnya haus dan bukan lapar.

3. Menderita sembelit

Jika Anda merasa telah mengkonsumsi asupan serat, maka sembelit bisa dikarenakan kurangnya air dalam tubuh. Oleh karenanya hidrasi merupakan hal penting dalam mencegah sembelit dan penyakit kronis lainnya.

4. Mulut kering

Menurut Science Daily, ketika Anda dehidrasi maka pembuatan air liur yang memiliki sifat anti bakteri akan melambat. Ini menyebabkan mulut menjadi kering. Simpan botol air di meja Anda dan coba untuk minum segelas setiap jam.

5. Sering kram

Dalam cuaca panas, kita lebih cenderung terlalu panas dan mengalami dehidrasi cukup cepat. Dehidrasi ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan mineral penting dan elektrolit dalam tubuh kita. Hal ini juga dapat terjadi ketika gym atau sesi olahraga, biasanya mengakibatkan kram. Anda dapat memerangi kram dengan memastikan asupan cairan yang cukup sebelum berolahraga dan juga ketika kegiatan tersebut berlangsung.

6. Kulit kering dan kehilangan elastisitasnya

Banyak orang berinvestasi dalam krim mahal dan lotion dalam upaya untuk menjaga penuaan dini. Namun, jawaban untuk kulit yang sehat dan muda, adalah tetap terhidrasi! Kulit dapat muncul seperti tak bernyawa, kusam dan kering bahkan ketika kita sedikit dehidrasi. Cara sederhana mengatasinya adalah dengan memastikan bahwa Anda tetap terhidrasi dengan air teh dan air dengan perasaan lemon.

7. Warna urine menjadi gelap

Ketika Anda mengalami dehidrasi maka biasanya Anda akan jarang berkemih. Awasi tingkat hidrasi Anda dengan memonitor warna urine Anda. Warna limun pada urine merupakan tanda hidrasi optimal, semakin gelap warna urine maka semakin tinggi tingkat dehidrasi Anda.

8. Pusing ketika berdiri

Darah kita terbuat dari air hampir 95% sehingga ketika kita mengalami dehidrasi ia akan menurunkan volume darah. Kadang-kadang efek samping dari hal ini adalah rasa pusing ketika Anda berdiri secara tiba-tiba dari posisi duduk. Menurut Lisa Nelson, seorang pakar diet, pusing disebabkan penurunan tekanan darah, yang dalam beberapa kasus bisa berbahaya. Cegah hal ini dengan minum lebih banyak air.

9. Lelah dan murung

Otak kita hampir seluruhnya terbuat dari air sehingga tidak mengherankan bahwa kita berjuang untuk berpikir jernih ketika kita mengalami dehidrasi. Menurut Jurnal Eropa, hanya 1% dehidrasi dapat menyebabkan mood Anda menurun dan tingkat energi Anda turun drastis.

10. Palpitasi Jantung

Jantung berdebar-debar adalah salah satu tanda-tanda yang kurang terkenal dari dehidrasi. Ini mungkin dapat sedikit menakutkan tapi salah satu pemicu utama dari jantung berdebar sebenarnya merupakan kombinasi dari dehidrasi dicampur dengan terlalu banyak kafein. Hubungi dokter jika Anda mengalami palpitasi sering atau terus-menerus dengan gejala lain seperti sesak napas.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE