Waspadai Berbagai Penyakit Ini Saat Musim Hujan

anak sakitMusim hujan sudah tiba! Apa saja yang sudah Anda persiapkan? Tak hanya jas hujan,  payung atau mesti memikirkan genteng yang bocor atau antisipasi datangnya banjir saja, namun masalah kesehatan juga wajib Anda perhatikan, sayangnya hanya segelintir orang saja yang mewaspadainya.

Cuaca yang tidak menentu, disertai  perubahan suhu yang kadang berupa secara drastis tentu bisa berpengaruh kepada kesehatan kita, termasuk oleh anak Anda. Barangkali kita sebagai orang dewasa pasti lebih siap dengan kondisi ini, namun bagaimana dengan anak Anda? Apa dia siap dengan perubahan cuaca saat musim hujan?

Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengbati, jadi sewajarnya Anda harus mempersiapkan berbagai pencegahan agar penyakit tidak datang. Menjaga kebersihan tidaklah cukup, namun Anda dan keluarga juga harus sering minum vitamin untuk meningkatkan kekebaan tubuh.

Tidak dapat dipungkiri, musim-musim seperti ini kadang dibarengi dengan berbagai penyakit yang datang, pada artikel ini kami akan membahas berbagai penyakit yang sering datang saat musim hujan seperti sekarang, pengetahuan ini juga perlu lho dalam mengantisipasi berbagai penyakit yang datang. Berikut ini adalah daftar penyakit yang sering datang saat musim hujan

Flu

Flu sering dialami terutama oleh anak yang mengalami kelelahan terlebih dahulu. Kelelahan kemudian dilanjutkan dengan nyeri  otot, batuk, nafsu makan yang menurun hingga demam. Cegah penyakit flu ini dengan minum vitamin dan menjaga kebersihan, terutama sering mencuci tangan untuk memperkecil resiko infeksi.

Ketika berada di ruangan terbuka dan dalam keadaan hujan, hindari menyentuh mulut dan hidung terlalu sering. Anda bisa membiasakan anak untuk memakai sapu tangan atau tisu, sehingga mengurangi resiko penyakit flu.

Diare

Penyakit diare berhubungan dengan pola asupan makanan yang masuk, bukan tidak mungkin makanan yang hendak dikonsumsi tercemar virus, apalagi makanan yang dibeli dari luar, seperti gorengan atau makanan ringan lainnya. Amannya tentu makan dari masakan rumah yang higienis.

ISPA

ISPA bisa diartikan sebagai infeksi saluran pernafasan akut, penyakit ini berbeda lho dengan asma. Umumnya disebabkan oleh bakteri atau virus dari lingkungan sekitar. Tanda-tanda dari penyakit ini adalah bauk yang disertai demam, sesak nafas dan disertai dengan sesak dada. ISPA juga menyebabkan tubuh lemas dan daya tubuh menjadi turun.

ISPA bisa menular lewat batuk yang mulutnya tidak ditutup atau meludah sembarangan, maka hindarilah hal ini. Cegah ISPA dengan hidup bersih dan makan makanan sehat dengan teratur.

Penyakit Kullt

Penyakit kulit seperti gatal-gatal akibat jamur, panu atau infeksi kulit juga sering terjadi saat musim hujan, penyebab utamanya tentu masalah kebersihan yang kurang terjaga. Saat Anda kehujanan di jalan, sesampai di rumah wajib membilasnya dengan mandi air yang bersih. Setelah itu pada kulit yang gatal oleskan salep atau bedak anti gatal. Jangan lupa sering-seringlah mengganti pakaian ya, jangan membiasakan pakaian digunakan lama, terutama nih sering terjadi pada anak yang tidak mau ganti pakaian yang sama.

Tifus

Hati-hatiah jika anak Anda sering hujan-hujanan atau sekedar main air kotor yang tergenang di jalan, karena ini berpotensi mengandung kuman salmonella typhosa yang menyebabkan penyakit typhus/tifus. Cegah hal ini dengan menjaga kebersihan diri, lingkungan dan makanan.

Sebenarnya menjaga kebersihan diri, lingkungan dan memperhatikan makanan yang kita konsumsi harus selalu dilakukan, tidak hanya musim hujan saja ya, Bunda.. Mudah-mudahan artikel ini menjadi bahan referensi Anda untuk lebih menjagan kesehatan keluarga Anda.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE