Wisata Iptek Murah Meriah di Tengah Kota Jakarta

planetarium jakarta, hotel murah di jakarta, hotel murah jakarta, hotel murah di jakarta selatan, hotel murah di jakarta pusat, hotel murah jakarta selatan, hotel di jakarta selatan, hotel jakarta selatan, hotel di jakarta pusat, hotel jakarta pusat, tempat liburan di jakarta, liburan di jakarta, tempat wisata di indonesia, hotel bintang 5 di jakarta, wisata indonesiaWisata Iptek selalu menjadi pilihan alternatif tujuan wisata bagi mereka yang tertarik dengan dunia science yang membahas alam semesta. Di tengah-tengah kota Jakarta, tepatnya di kawasan Taman Ismail Marzuki Jakarta Pusat, ada sebuah objek wisata iptek murah meriah yang patut untuk dikunjungi. Tentunya hal ini patut untuk diapresiasi mengingat sangat sedikitnya pusat-pusat wisata edukasi yang terdapat di perkotaan. Tempat wisata iptek tersebut adalah Planetarium dan Observatorium Jakarta, tempat ini merupakan salah satu dari tiga wahana simulasi langit bersejarah di Indonesia dan merupakan Planetarium tertua.

Planetarium dan Observatorium Jakarta merupakan sarana wisata pendidikan yang menyajikan pertunjukkan dan peragaan simulasi perbintangan atau benda-benda langit. Kita akan diajak mengambara jagat raya untuk memahami konsepsi alam semesta melalui sebuah pertunjukkan demi pertunjukkan yang telah disiapkan dan terjadwal.

Menurut situs resminya, Planetarium dan Observatorium Jakarta ini digagas pertama kalinya oleh Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Gagasannya tertuang dalam Surat Keputusan Presiden RI No. 155 tahun 1963. Gedung ini mulai dibangun pada tanggal 9 September 1961 di mana Soeakrno sendiri yang memancangkan tiang pertamanya. Proses pembangunan Planetarium Jakarta ini memakan waktu sekitar 4 tahun lamanya yang pada akhirnya selesai pada tanggal 10 Nopember 1968 dan secara resmi diserahkan kepada pemerintahan DKI Jakarta saat itu yang dipimpin oleh Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin.

Gedung Planetarium dan Observatorium Jakarta telah mengalami renovasi dan pihak pengelola juga telah memutakhirkan peralatan seperti mengganti proyektor dan layar kubah dengan yang baru. Lantai ruang pertunjukkan diperbaiki menjadi lebih tinggi dan dibuat bertingkat, semua kursi juga dibuat menghadap selatan dan berjumlah 320 yang dipadukan dengan audio visual sehingga seolah menjadi seperti petunjukkan teater bintang yang utuh.

Planetarium dan Observatorium Jakarta kini berada di bawah pengelolaan Dinas Pendidikan Provinsi Jakarta, hal ini dimaksudkan untuk mempermudah kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan di semua daerah di Jakarta. Di dalam gedung ini terdapat ruang pameran benda-benda langit yang dipertunjukkan melalui berbagai foto serta keterangan lengkap mengenai berbagai bentuk galaksi, teori pembentukan galaksi serta tokoh-tokoh dibalik teori-teori tersebut. Ada juga pajangan baju antariksa yang biasa digunakan oleh antariksawan dalam mengarungi angkasa, termasuk saat mendarat di bulan. Selain itu, berbagai peralatan lain yang digunakan untuk pengamatan antariksa pun turut dipamerkan.

Planetarium dan Observatorium Jakarta juga menyediakan sarana dan prasarana observasi benda-benda langit melalui peneropongan secara langsung untuk menyaksikan fenomena atau kejadian-kejadian alam seperti gerhana bulan, gerhana matahari, komet, dan lain sebagainya. Seperti event di bulan Maret ini, Planetarium dan Observatorium Jakarta mengadakan Peneropongan Benda Langit yang terbuka untuk umum dan tanpa dipungut biaya apapun.

Planetarium dan Observatorium Jakarta terletak di Jl. Cikini Raya No. 73 di Kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta. Telp: 021-23051467. Jika tidak ada acara khusus seperti yang diselenggarakan pada bulan Maret ini, harga tiket masuk bagi orang dewasa dikenakan tariff sebesar Rp7.000 dan Rp3.500 bagi anak-anak. Dengan harga tiket yang murah meriah ini kita sudah bisa menyaksikan pertunjukkan teater bintang selama 1 jam lamanya. Saat menyaksikan teater bintang, kita bisa menikmati pertunjukkan layaknya berada di bioskop karena kubah gedung Planetarium disulap menjadi layar lebar untuk menyaksikan pertunjukkan. Layaknya film di bioskop, pertunjukkan teater bintang hanya dipertunjukkan pada jam-jam tertentu saja. Jadi, jika Anda berniat mengunjungi Planetarium dan Observatorium Jakarta sebaiknya mencatat jadwal pertunjukkan yang telah ditetapkan. Jadwal pertunjukkan terbaru di bulan Maret ini bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

jadwal planetarium

Informasi tambahan:

ROMBONGAN

Selasa-Kamis : 09.30, 11.00 & 13.30 WIB

Jum’at : 09.30 & 13.30 WIB

Harga Tiket Masuk

Pelajar/Mahasiswa : Rp 5.000 /orang

Bukan Pelajar/Mahasiswa Rp 10.000 /orang

UMUM

Selasa-Jum’at : 16.30 WIB

Sabtu-Minggu : 10.00, 11.30, 13.00 & 14.30 WIB

Harga Tiket Masuk:

Anak-anak : Rp 3.500 /orang

Dewasa : Rp 7.000 /orang

SENIN : TUTUP untuk pemeliharaan