Yuk, Belajar Memasak dengan Anak-Anak, Seru Lho!

chefPernah lihat Masterchef Junior di televise? Bagi Anda yang belum,mungkin sebentar lagi tiap Minggu sore bias melihat Masterchef Indonesia Junior di RTI. Setelah melihat, pasti Anda akan terkagum-kagum dengan bakat masak mereka di usia yang masih sangat muda. Pertanyaan yang ada di benak Anda pasti dari siapa mereka belajar? Tentu dari orang tua mereka kebanyakan.

Betapa bangganya ketika anak Anda mempunyai bakat yang luar biasa tersebut. Sebagian dari Anda mungkin ingin punya anak seperti mereka, anggap saja ini menyalurkan anak Anda ke hal-hal yang positif daripada mereka hanya menghabiskan waktu bermain-main. Jadi tak ada salahnya jika mengajari anak Anda memasak. Langkah-langkah apa yang harus Anda lakukan? Dan menu apa yang sebaiknya Anda ajarkan?

MANFAAT BELAJAR MEMASAK KEPADA ANAK

Sayangnya masih banyak orang Indonesia yang menganggap bahwa anak-anak masih belum perlu belajar memasak, mereka menganggap memasak adalah pekerjaan orang tua. Ada pula yang menganggap bahwa memasak adalah pekerjaan kaum hawa, padahal saat inipun banyak chef-chef professional pria yang sukses. Banyak manfaat dari belajar memasak untuk Anak, berikut sedikit paparannya:

  • Mengajarkan Takaran dan Ukuran

Belajar memasak mau tak mau akan mengajarkan anak Anda takaran dan ukuran. Bagaimana ukuran 1 liter, 1 kilo, atau satuan ukuran lainnya. Anak Anda juga belajar ketelitian, tanpa menambahkan hal-hal yang tidak boleh ditambahkan atau menguranginya terutama dalam urusan rasa masakan.

  • Mengajarkan Kedisiplinan

Belajar memasak adalah belajar kedisiplinan. Tentu Anda tau saat memasak Anda harus benar-benar memperhatikan waktu. Waktu di sini bukan berarti waktu kapan Anda harus mengangkat hidangan dari oven, berapa lama hidangan tersebut harus di oven. Namun lebih ke waktu kapan Anda memasak, mislanya di pagi hari sebelum keluarga lainnya bangun. Nilai kedisiplinan seperti ini secara tidak langsung akan anak Anda alami jika mengajarkan mereka memasak.

  • Mengajarkan Pantang Menyerah

Jika masakan gagal, entah terlalu matang, keasinan atau tidak enak rasanya, tentu menjadi sebuah pelajaran untuk berbuat yang lebih baik kedepannya. Ini juga lah yang anak-anak alami. Memasak tak hanya melakukan aktivitas belaka, namun banyak nilai-nllai kehidupan positif yang bisa dipelajari.

  • Mengajarkan Kepedulian

Belajar memasak berarti belajar kepedulian, memasak umumnya bukan untuk diri sendiri, tapi ada saat di mana masakan Anda dibagikan ke orang lain. Di sini juga anak Anda akan belajar menerima masukan dari orang lain, belajar mengutamakan kepentingan orang lain. Walaupun anak Anda suka rasa asin, terpaksa menahan sedikit ego untuk mengurangi asinnya masakan karena lebih mementingkan selera orang lain.

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN

Sebelum memasak bersama anak Anda, yang perlu Anda perhatikan adalah segi keamanan mereka. Jauhkan anak Anda dari pisau, atau berikan mereka sedikit pengetahuan tentang pisau dan cara memotong yang baik dan benar.

Anda juga harus memberikan pengetahuan kepada anak Anda tentang bumbu dapur secara umum, bawang putih manfaatnya untuk ini, kemudian hati-hati jika memotong bawang merah karena mata akan perih serta hal-hal umum lainnya.

Satu lagi adalah memberikan pengetahuan

After all tentang bagaimana cara mengoperasikan kompor, kehati-hatian menggoreng agar minyaknya tidak kena kulit atau hal lain yang menyangkut keamanan mereka. Ingatlah bahwa anak Anda masih berusia dini, jadi jangan memberian atau memaksakan sesuatu yang memang belum saatnya mereka terima.

Banyak sekali kan manfaat yang diambil

Moreover dengan mengajarkan anak Anda memasak? Pasti! Kini tinggal bagaimana Anda untuk memberikan pengetahuan secara umum tentang memasak kepada anak Anda. Sebaiknya Anda memulai dari memasak masakan yang mereka sukai, libatkan anak-anak sesuai porsinya seperti hanya mengaduk adonan/masakan atau menghias kue, jangan melibatkan aktivitas memasak yang membahayakan keamanan mereka.

Sebelum memasak

In other words sebaiknya Anda juga mengkomunikasikan terlebih dahulu dengan anak Anda tentang rencana masakan yang akan dihidangkan. Setelah selesai memasak jangan lupa mengajak anak Anda berdiskusi bagaimana rasanya dan perbaikan atau inovasi apa saja yang mungkin bisa dilakukan dalam aktivitas memasak bersama pada waktu mendatang.

Sepertinya seru ya memasak dengan anak Anda? Yuk dimulai dari sekarang.