Yuk Berkreasi Membuat Bendera Merah Putih

Hari Ulang Tahun Republik Indonesia tinggal menghitung hari. Sudahkah Anda memasang bendera merah putih di rumah?

Ya, tanggal 17 Agustus 2016 mendatang merupakan HUT RI yang ke 71 tahun. Setelah sekian lama berjuang melawan penjajah akhirnya Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945 silam. Warna merah putih kerap menghiasi rumah-rumah warga baik dalam bentuk bendera ataupun hiasan berbagai bentuk pada moment perayaaan ini. Tertarik untuk membuat kreasi bendera merah putih sendiri bersama si kecil? Kenapa tidak? Yuk kenalkan si kecil tentang peringatan kemerdekaan RI dengan membuat hiasan bendera merah putih bersamanya. Oh ya, kreasi membuat bendera merah putih ini juga bisa melatih keterampilan motorik halusnya lho.

Anda tentu tahu, kemampuan motorik adalah hal yang sebaiknya diasah sedari dini. Menurut Andi Eko P, kemampuan motorik merupakan suatu proses gabungan dari stimulus dan respon. Kemampuan motorik ini berkaitan dengan kemampuan gerak fisik yang merupakan hasil koordinasi kompleks antara otak dan otot anak. Kemampuan motorik ini terbagi dua; kemampuan motorik kasar dan halus. Nah untuk berbagai gerakan kecil yang menggunakan bagian-bagian tubuh yang lebih kecil dari anak merupakan bagian dari kemampuan motorik halus. Contohnya, memegang benda kecil, mengambil benda dengan menggunakan jari telunjuk dan jempol, membenamkan jari-jari tangan atau kaki ke dalam pasir, dan lain sebagainya.

Kali ini Buahati akan mencoba memberikan ilustrasi kreasi membuat bendera merah putih. Dengan kegiatan ini Anda dapat melatih kemampuan motorik halus anak diantaranya pada saat,

  • Menggunakan gunting

Dengan pengawasan Anda, biarkan anak memotong kertasnya sendiri. Menggunakan gunting sendiri dapat melatih koordinasi dan ketepatan gerak tangan anak.

  • Melipat kertas dan membubuhkan lem atau double tape

Anda bisa mengajarkan anak melipat kertas dan menempelkan double tape atau merapikan lem kertas dengan jari atau kuas. Dengan begitu keterampilan motorik halus atau keterampilan yang mengandalkan otot-otot halusnya turut terasah.

Baiklah, ayo kita mulai. Berikut adalah alat-alat yang di perlukan untuk membuat kreasi bendera merah putih:

alat-membuat-bendera

  1. Kertas minyak warna merah dan putih
  2. Sedotan / Lidi
  3. Double tape / Lem kertas
  4. Pulpen
  5. Penggaris
  6. Tali

Pertama-tama buat pola persegi panjang pada kertas minyak dengan menggunakan pulpen. Masing-masing satu buah untuk setiap warna. Gunting rapi. Kemudian tempelkan kertas berwarna merah diatas kertas berwarna putih dengan menggunakan lem atau double tape. Anda akan mendapatkan selembar bendera merah putih. Lem kembali bagian pinggir bendera, tempelkan sedotan atau lidi untuk pegangan. Opsi lain, buat beberapa bendera, semakin banyak semakin baik, lalu tempel berurutan pada seutas tali. Selesai. Hiasan bendera merah putih siap menambah kemeriahan peringatan HUT RI dirumah Anda.

hiasan-bendera-merah-putih

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Yuk buat bendera sama-sama dengan si kecil.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE