Anak Suka Corat-coret Dinding? Ternyata Kebiasaan Ini Punya Manfaat Tinggi, Lho!

Corat-coret dinding menjadi kebiasaan yang sering dilakukan oleh anak. Tak jarang, coretan mereka bisa ditengok di berbagai bagian dinding, mulai dari dinding ruang tamu, ruang keluarga, hingga kamar. Tak jarang, coretan itu juga muncul di lemari baju.

Melihat hal tersebut, bunda tentu saja sangat jengkel. Apalagi, kalau harus membersihkan noda coretan yang sangat sulit untuk dihilangkan. Namun, ketika mendapati hal seperti ini, perlu bunda ketahui, marah-marah bukanlah solusi. Apalagi, kebiasaan corat-coret dinding ternyata memberi manfaat besar bagi perkembangan anak.

anak suka corat-coret dinding

Setidaknya, ada 7 manfaat yang bisa diperoleh lewat kebiasaan tersebut, yakni:

1. Meningkatkan kemampuan kreativitas anak
2. Meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan
3. Sarana mengekspresikan emosi
4. Sarana mengembangkan kemampuan motorik anak
5. Sarana pengenalan tulis menulis kepada anak
6. Meningkatkan kemampuan anak dalam memfokuskan pikiran
7. Menambah kosakata

Dengan memperoleh manfaat yang besar tersebut, akan sangat disayangkan kalau bunda harus menghentikan aktivitas corat-coret anak. Apalagi, ketika si kecil berusia menjelang sekolah. Manfaat tersebut bisa menjadi modal awal anak menghadapi pelajaran di bangku sekolah.

Tips Menghadapi Anak yang Suka Coret-coret Dinding

Hanya saja, untuk mendapatkan manfaat tersebut, bunda juga tidak harus repot dan marah karena dinding yang kotor. Oleh karena itu, bunda perlu melakukan trik khusus agar anak tetap memperoleh manfaat dari aktivitas corat-coretnya dengan tanpa merusak pemandangan di dalam rumah. Ada 2 tips yang bisa bunda terapkan, yakni:

– Sediakan papan khusus untuk corat-coret
Cara pertama, bunda bisa membuat papan tulis yang menjadi tempat berkreasi anak secara bebas. Bunda bisa membelinya atau membuatnya sendiri. Sebagai pelengkap, sediakan spidol dengan beragam pilihan warna. Pastika spidol yang bisa dihapus, ya.

– Menggunakan cat antinoda
Cara yang kedua, bunda bisa memilih untuk menggunakan cat khusus yang memungkinkan pembersihan noda dengan cepat. Cat model seperti ini sudah sangat banyak tersedia di pasaran. Dengan cat tersebut, anak pun bisa berkreasi dengan bebas dan dinding akan tetap bersih.

Nah, itulah manfaat serta tips yang bisa diperoleh ketika menghadapi anak yang doyan mencorat-coret dinding. Semoga bermanfaat.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE