Bayi Rewel Karena Mulai Tumbuh Gigi? Ini Hal yang Bisa Bunda Lakukan

Bunda sudah mengetahui ciri-ciri ketika bayi mulai tumbuh gigi. Dari ketujuh gejala tersebut, semuanya memberikan rasa tidak nyaman kepada si kecil. Tak heran kalau anak bakal rewel sepanjang hari. Hal itu mereka perlihatkan untuk memperlihatkan ketidaknyamanannya itu.

Perlu bunda ketahui, kemunculan gigi pada bayi bisa terjadi ketika berusia 3 bulan. Namum, umumnya gigi pada bayi akan muncul ketika usia menginjak 6 bulan. Urutan kemunculan gigi diawali dengan gigi depan bagian bawah yang kemudian diikuti gigi depan bagian atas. Menginjak usia 3 tahun, gigi bakal tumbuh secara utuh.

bayi rewel saat gigi mulai tumbuh

Nah, ketika si kecil mulai mencapai pada tahapan ini, ada beberapa tips yang bisa bunda lakukan untuk mengatasinya biar tidak rewel. Solusinya tersebut adalah:

1. Menggunakan mainan gigi
Tips pertama yang bisa bunda lakukan adalah menggunakan mainan gigi atau yang biasa disebut teether. Ketika menggunakan mainan ini, pastikan untuk menjaganya tetap steril. Caranya, dengan menaruhnya pada pendingin terlebih dahulu sebelum diberikan kepada bayi.

2. Camilan sehat

Tips kedua yang bisa bunda lakukan adalah denggan menyediakan camilan sehat. Camilan sehat ini bisa disediakan sebagai pengganti dari mainan gigi. Ada beragam bahan yang dapat dipakai untuk membuat menu sehat, termasuk di antarana adalah potongan worterl, apel, ataupun kentang. Hal yang harus diperhatikan, hindari makanan yang memiliki kandungan gula atau cokelat.

3. Minuman dingin
Tips yang ketiga adalah dengan menyediakan minuman dingin. Harus diperhatikan, minuman dingin yang diberikan jangan jenis minuman dengan kandungan gula yang tinggi. Pemberian minuman dingin kepada bayi, berguna untuk meredakan rasa nyeri yang dirasakan bayi ketika giginya mulai tumbuh.

4. Mengusap gusi bayi

Tips yang terakhir adalah dengan mengusap gusi bayi secara langsung. Ketika mulai tumbuh gigi, gusi akan terasa sangat gatal. Oleh karena itu, mengusapnya bisa meredakan rasa gatal pada bayi. Hanya saja, pastikan untuk menggunakan kain flanel yang lembut dan bersih ketika ingin mengusap gusi bayi.

Itulah 4 tips yang bisa bunda lakukan untuk mengantisipasi ketika bayi mulai tumbuh gigi. Namun, ketika permasalahan semakin serius, bunda bisa mencoba untuk memeriksakan bayi ke dokter. Semoga bermanfaat, ya bunda.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE