Bukan Punya Australia Saja, Indonesia Juga Punya Kangguru Lho! Lebih Eksotis

Australia dikenal sebagai negeri kangguru. Namun, jangan salah sangka lho bunda, Indonesia yang juga merupakan negara tetangga dari Australia, punya kanggurunya sendiri. Bahkan, kangguru dari negara kita, memiliki penampilan yang lebih eksotis. Salah satu jenis kangguru yang dikenal sebagai hewan endemik dari Indonesia adalah kangguru pohon mantel emas.

Seperti halnya kangguru dari Australia, kangguru pohon ini juga punya kantong yang menjadi tempat untuk membesarkan anak. Sesuai dengan namanya, kangguru pohon kerap menghabiskan hidupnya di atas pohon. Namun, tak jarang juga mereka turun ke tanah untuk mencari minum. Kangguru jenis ini memiliki nama latin Dendrolagus pulcherrimus.

kangguru pohon mantel emas-1

Secara fisik, kanguru dari Papua ini memiliki bulu yang lebih lebat dibandingkan kangguru Australia. Selain itu, ekor dari kangguru ini berukuran panjang dan berbentuk bulat. Hanya saja, ukuran fisik dari kangguru pohon lebih kecil, demikian pula pada bagian cakarnya. Hal yang mencolok dari kangguru ini adalah pada bagian klitnya yang berwarna cokelat muda. Sementara itu, di beberapa bagian tubuh, terlihat berwarna keemasan.

Kangguru ini pertama kali ditemukan oleh seorang bernama Pavel German di wilayah Gunung Sapapu, Pegunungan Torricelli di Papua Nugini. Pada waktu penemuannya, German mendapati hewan ini hidup di ketinggian antara 680 hingga 1.700 mdpl. Selain itu, hewan ini juga diketahui tinggal di Pegunungan Foja, Papua, Indonesia.

kangguru pohon mantel emas-2

Karena hidup di atas pohon, kangguru pohon mantel emas ini punya ukuran tubuh yang kecil. Panjang tubuh dari hewan eksotis ini berkisar antara 41 sampai 77 cm. Sementara itu, panjang ekornya bisa mencapai antara 40 sampai 80 cm. Untuk bobotnya sendiri, hewan ini umumnya memiliki berat antara 7-15 kg.

Kangguru Pohon Mantel Emas dari Indonesia Terancam Punah

Hanya saja, kondisi dari hewan eksotis ini begitu memprihatinkan. Pusat Penelitian Keanekaragaman Hayati Universitas Papua (UNIPA) mengungkapkan kalau informasi terkait kangguru Indonesia ini begitu minim. Oleh karena itu, para peneliti tak banyak mengetahui perilaku, biologi, serta ekologinya.

The International Union for Conservation of Nature (IUCN) pada tahun 2015 mengungkapkan kalau status dari hewan endemik Papua ini sebagia hewan yang terancam punah. Alasan utamanya adalah aktivitas perburuan yang dilakukan oleh masyarakat lokal. Apalagi, hewan ini sudah lama dikenal sebagai sumber makanan.

Menariknya, kangguru pohon mantel emas bukanlah satu-satunya kangguru yang ada di Papua. Selain kangguru ini, ada beberapa jenis kangguru lain yang bisa dijumpai, seperti, kangguru pohon hias, kangguru pohon mbaiso, kangguru pohon kelabu, kangguru pohon doria, serta kangguru pohon nemena. Semuanya unik dan merupakan endemik Papua.

Nah, informasi ini menarik untuk diberikan kepada si kecil. Bisa menjadi cara untuk meningkatkan rasa kecintaan anak terhadap Indonesia.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE