Bunda, Yuk Kenali Ciri-Ciri Saat Bayi Mulai Tumbuh Gigi

Mengamati perkembangan tubuh si kecil mulai dari bayi sampai dewasa merupakan momen yang membahagiakan bagi setiap orang tua. Hanya saja, terkadang kalau tidak dibarengi dengan pengetahuan yang tepat, momen ini bisa menjadi penuh kekhawatiran. Salah satunya adalah momen ketika bayi mulai tumbuh gigi.

Pertumbuhan gigi pada si kecil tentu menjadi hal yang menyenangkan bagi setiap orang tua. Hanya saja, sayangnya, kemunculan gigi pada bayi disertai dengan gejala yang membuat si kecil gampang marah, menangis, serta cerewet. Oleh karena itu, bunda perlu mengetahui ciri-cirinya sehingga bisa secara tepat menangani kemarahan si kecil.

anak mulai tumbuh gigi

Ada 7 ciri ketika si kecil mulai mengalami pertumbuhan gigi, yaitu:

1. Pembengkakan gusi
Ciri pertama yang bisa bunda lihat ketika mulai pertumbuhan gigi pada bayi adalah adanya pembengkakan gusi. Bunda bisa membuka mulut si kecil secara perlahan untuk melihat seberapa besar pembengkakan yang terjadi.

2. Mulai membiasakan diri menggigit dan mengisap barang-barang
Ciri kedua ketika anak mulai tumbuh gigi adalah munculnya kebiasaan menggigit serta mengisap benda-benda yang ada di sekitar. Hal ini dilakukan si kecil karena dia merasakan gatal pada bagian gusi.

3. Mengeluarkan air liur secara berlebihan

Ketika anak mulai tumbuh gigi, hal ini biasanya dibarengi dengan bertambahnya produksi air liur. Hanya saja, sampai saat ini tidak diketahui penyebab dari fenomena ini. Namun, kemungkinan besar, peningkatan produksi air liur terjadi karena adanya aktivitas gerak otot yang intens di mulut.

4. Ruam yang muncul di sekitar mulut
Ruam di sekitar mulut muncul sebagai akibat dari adanya peningkatan air liur. Area di sekitar mulut menjadi lembab sehingga menyebabkan ruam. Oleh karena itu, bunda perlu membersihkan mulut si kecil secara rutin ketika mulai tumbuh gigi.

5. Tak nafsu makan

Anak juga memiliki kebiasaan untuk enggan makan ketika giginya mulai tumbuh. Makan, dalam kondisi ini, membuat anak merasa tidak nyaman.

6. Rewel ketika malam hari
Kemunculan gigi juga menganggu ketika anak ingin tidur di malam hari. Alasan utamanya adalah, karena pertumbuhan gigi terjadi secara signifikan pada malam hari.

7. Demam
Terakhir, pertumbuhan gigi pada si kecil juga biasanya disertai dengan demam. Hanya saja, demam akibat fenomena ini biasanya tidak lebih dari 38 derajat Celcius. Oleh karena itu, bunda perlu melakukan pemeriksaan untuk memastikan.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE