Bunda, Yuk Kenali Perbedaan Gangguan ADHD dan Autisme Pada Anak

Dari artikel sebelumnya, bisa dibaca pada tautan berikut, bunda sudah mengetahui tentang gangguan yang disebut ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Gangguan ini diderita oleh sekitar 10% anak di seluruh dunia. Sayangnya, tak semua orang tua bisa mengenali gejala pada gangguan ini. Therefore Bahkan, banyak yang keliru menganggapnya sebagai gangguan autisme.

However Kenyataannya, autisme merupakan jenis gangguan yang berbeda dengan ADHD. Oleh karena itu, bunda perlu mengetahui perbedaan antara kedua gangguan ini. Therefore Dengan begitu, ketika menghadapi kasus seperti ini (dan semoga saja tidak), bunda bisa menghadapinya secara tepat.

adhd hiperaktif dan autisme

Perbedaan ADHD dan Autisme

Similarly Perlu bunda ketahui, kedua gangguan ini memang membuat anak sulit memfokuskan perhatiannya. Keduanya juga membuat anak sulit untuk berkomunikasi serta kerap bertindak impulsif. In other words Tak heran kalau anak ADHD dan autisme memiliki hubungan sosial yang buruk.

Namun, kalau melihat lebih dalam, therefore bunda bisa mengetahui bahwa kedua gangguan ini memiliki perbedaan yang cukup kentara, yakni:

1. Dari segi perhatian
Anak yang menderita ADHD enggan diajak untuk melakukan kegiatan yang butuh fokus dengan intensitas tinggi. Keengganan itu sudah mereka perlihatkan dari awal. Sementara itu, after that anak autis mampu memfokuskan pikirannya. Meski, itu hanya mereka lakukan pada kegiatan yang mereka sukai.

2. Interaksi serta komunikasi
Dalam hal interaksi dengan orang lain, after that anak ADHD punya kecenderungan untuk berbicara satu arah. Ketika mereka sudah mulai membuka mulutnya, lawan bicara akan sulit untuk menyela atau menghentikannya. Hal ini berbeda dengan anak autis yang cenderung sulit dalam mengungkapkan pemikirannya dalam kata-kata.

3. Rutinitas
Similarly Selanjutnya, bunda juga bisa melihat dari aktivitas rutin yang dilakukan oleh anak. Anak dengan gangguan ADHD, memiliki kecenderungan untuk tidak melakukan aktivitas yang sama dalam jangka yang lama. Sementara itu, anak dengan gangguan autisme, punya sikap sebaliknya. Mereka lebih suka dengan keteraturan.

In conclusion Itulah 3 perbedaan yang bisa bunda kenali dari anak yang menderita gangguan ADHD dan autisme. Dengan mengenali gangguan yang diderita oleh si kecil, orang tua bisa memberi perlakuan yang tepat. Untuk penanganan yang lebih baik, bisa pula bunda memilih untuk berkonsultasi secara langsung dengan seorang ahli.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE