Jenderal Soedirman

sudirmanSiapa yang tidak kenal dengan Jenderal Sudirman ? Ya.., Seorang Jenderal Besar sekaligus pahlawan yang pernah dimiliki oleh bangsa ini. Seorang jederal yang tegas, disiplin serta pantang menyerah dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini sehingga bangsa Indonesia menjadi bangsa yang berdaulat dan merdeka serta terbebas dari segala bentuk penjajahan.

Jenderal sudirman lahir pada tanggal 24 Januari 1916 di Bodas Karangjati, Purbalingga. Semasa kecil beliau memperoleh pendidikan di sebuah sekolah yang kental dengan jiwa nasionalismenya yang sangat tinggi  yaitu taman siswa. Selanjutnya beliau melanjutkan sekolahnya ke HIK Muhammadiyah Solo yaitu sekolah guru namun tidak sampai selesai. Walaupun demikian beliau sempat menjadi pengajar di HIK Muhammadiyah Cilacap.

Pendidikan militer beliau didapatkan di Pendidikan Tentara Pembela Tanah Air ( PETA ) di Bogor. Atas prestasinya kemudian beliau diangkat menjadi komandan batalyon setelah selesai mendapatkan pendidikan di PETA.

Rasa nasionalisme beliau yang sangat tinggi tidak perlu diragukan lagi. Pada masa agresi militer II belanda meskipun dalam keadaan sakit parah dikarenakan paru – parunya hanya tinggal satu yang berfungsi, beliau masih memimpin pasukan untuk bergerilya melawan para penjajah meski harus di tandu.

Pada tanggal 18 Desember 1945 atas prestasinya beliau diangkat menjadi Jenderal oleh presiden.

Wah.. sungguh tokoh yang luar biasa ya… kids & parents!!

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE