Kucing Odd Eye, Fenomena Unik Saat Si Meong Lahir dengan Bola Mata Berbeda Warna

Memelihara hewan di rumah menjadi salah satu cara agar suasana selalu ramai. Nah, kalau bunda adalah seorang pencinta kucing, pernah tahukah fenomena kucing unik yang disebut kucing odd eye cat? Sesuai dengan sebutannya, kucing ini memang memiliki mata yang unik. Keunikan itu bisa dilihat pada kedua bola matanya yang punya perbedaan warna.

Umumnya, kucing odd eye punya satu bola mata berwarna biru. Sementara itu, bola mata lain warnanya bisa bervariasi, mulai dari hijau, kuning, hingga cokelat. Perbedaan warna dengan munculnya warna biru pada salah satu bola mata kucing tersebut timbul karena pengaruh kandungan melanin yang terlalu sedikit, sehingga berpengaruh pada pigmen bola mata.

kucing odd eye

Proses pigmentasi yang dialami oleh kucing odd eye cat memang punya perbedaan dibandingkan dengan kucing normal. Pigmentasi pada kucing odd eye, mengalami penghentian pada salah satu. Fenomena penghentian pigmentasi pada salah satu bola mata ini kerap disebut dengan nama heterochromia Iridis.

Kucing Odd Eye Dianggap Memiliki Keistimewaan

Keunikan pada bola mata memang membuat kucing odd eye begitu menarik. Apalagi, kasus kemunculan kucing odd eye juga cukup langka. Dulu, sempat muncul kesimpulan kalau kucing odd eye hanya terjadi pada kucing yang memiliki bulu putih. Namun, hal itu terbantahkan dengan adanya fenomena serupa pada kucing dengan warna bulu lain.

kucing odd eye-1

Nah, satu hal yang menarik, kucing odd eye memiliki posisi yang istimewa di negara Turki. Kucing odd eye dengan warna putih oleh warga Turki dianggap sebagai hewan yang spesial dan patut dilestarikan. Sebagai buktinya, pada tahun 2010 saat pelaksanaa kejuaraan basket internasional, mereka menggunakan kucing odd eye putih sebagai simbol dengan nama Bascat.

Selain itu, ada pula anggapan yang salah terkait keberadaan kucing langka ini. Menurut kepercayaan masyarakat secara umum, ada kemungkinan kalau kucing odd eye memiliki kekurangan dalam hal pendengaran. Namun, anggapan ini salah kaprah. Selain perbedaan pada bola mata, kucing odd eye cat tidak memiliki kecacatan dan bisa hidup seperti halnya kucing normal.

Cukup menarik dan lucu juga ya, kalau di rumah ada kucing dengan mata seperti kucing odd eye ini.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE