Waspada! Ibu Hamil Tak Boleh Berlebihan Memakan 4 Makanan Khas Lebaran Ini

Momen Idulfitri tidak hanya menjadi sarana untuk berkumpul dengan anggota keluarga yang jarang bertemu. Di waktu yang sama, hari raya lebaran juga menjadi momen untuk mencicipi beragam jenis makanan enak. Hanya saja, ketika bunda tengah dalam kondisi mengandung, perlu waspada untuk tidak memakan terlalu banyak makanan khas lebaran.

Asian Feast, makanan khas lebaran

Terlalu banyak mengonsumsi makanan khas Lebaran bisa memberikan dampak yang berbahaya untuk janin dalam kandungan. Secara khusus, ada 4 jenis makanan yang sebaiknya perlu bunda waspadai, yaitu:

1. Makanan pedas
Jenis makanan khas lebaran pertama yang perlu bunda waspadai dan tidak terlalu banyak dikonsumsi adalah makanan pedas. Makanan yang termasuk jenis ini di antaranya adalah bulai serta sambal kentang. Perlu bunda ketahui, ketika dalam kondisi hamil, tubuh memiliki sensitivitas lebih tinggi.

Hasilnya, ketika alat pencernaan mendapatkan makanan yang pedas, bisa menimbulkan iritasi dan bahkan menjadi pemicu diare. Ketika berada dalam kondisi tersebut, tubuh bunda akan mengalami kekurangan cairan karena terlalu banyak buang air besar.

2. Camilan yang manis

Camilan yang manis menjadi suguhan wajib ketika Lebaran. Bunda boleh saja mencicipi satu atau dua kali. Namun, pastikan untuk tidak makan terlalu banyak. Hal ini untuk memastikan agar asupan gula harian yang bunda makan, tidak terlalu banyak.

Camilan yang manis bukanlah satu-satunya jenis camilan yang harus bunda waspadai. Camilan kemasan yang memiliki kandungan natrium tinggi juga harus memperoleh perlakuan serupa. Sebagai gantinya, pilih camilan yang segar, seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan.

3. Makanan bersantan
Nah, makanan yang berikut memang menjadi godaan tersendiri ketika Lebaran. Makanan dengan santan kental memiliki porsi lemak yang tinggi. Beberapa makanan yang termasuk dalam makanan bersantan di antaranya adalah rendang, gulai, opor, dan sebagainya.

4. Minuman manis dalam kemasan

Minuman kemasan juga harus menjadi perhatian serius. Apalagi, kalau minuman tersebut adalah minuman yang mengandung soda. Minuman jenis ini biasanya memiliki kandungan gula yang tinggi.

Sejatinya, waspada dalam memilih makanan harus senantiasa dilakukan oleh seorang ibu hamil. Hal ini dilakukan semata-mata untuk menjaga kesehatan janin yang ada dalam kandungan. Apalagi, masa mengandung 9 bulan termasuk dalam 1.000 hari pertama yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan si kecil.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE